Peringati Hari Pahlawan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Paser Ingatkan Tetap Jaga Persatuan

  • Admin Dinsos Paser
  • 16 November 2022
  • 46 Views
Peringati Hari Pahlawan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Paser Ingatkan Tetap Jaga Persatuan

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menggelar upacara Hari Pahlawan tahun 2022 dengan mengusung tema Pahlawanku Telandanku.

Kegiatan dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Romif Erwinadi mewakili Bupati Paser Fahmi Fadli, yang dihadiri Dandim 0904/PSR Letkol Inf Ary Susetyo, Kajari Paser, mewakili Kapolres Paser, serta pejabat Pemkab Paser, berlangsung di kawasan Gentung Temiang Tugu Jam, Kilometer 5, Tanah Grogot, Kamis (10/11/2022)

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Romif Erwinadi mengatakan, Hari Pahlawan diperingati untuk menemukan kembali jejak para pahlawan sebagai bangsa dan negara yang merdeka.

"Dengan kegiatan ini, kita hidupkan kembali perjuangan pahlawan bangsa yang gugur dalam pertempuran untuk mempertahankan kemerdekaan," ucap Romif.

Dikatakan, para pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk kemerdekaan sesungguhnya dan bukan diperoleh dari pemberian siapapun.

Saat ini, perjuangan besar yang harus ditaklukan yaitu ancaman dan tantangan yang ada di depan mata.

"Seperti pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, kelangkaan pangan, energi dan air bersih," tambahnya.

Dengan begitu, masyarakat perlu kesiapsiagaan dalam mengahadapi bencana alam dan kita punya modal dasar sebagai bangsa pemenang.

"Mari bergerak dan maju bersama dengan tekad untuk menang," ajak Romif.

Dalam menghadapi bencana saat ini, perlu pengembangan dan pemanfaatan energi baru, dengan pengembangan sumber pangan berbasis potensi dan kerarifan lokal sebagai solusi pemenuhan dan memperkuat keragaman pangan.

Selain itu, dengan semangat pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, semua pihak terus memberikan energi untuk menggugah kesadaran segenap bangsa dengan bersatu dan membantu sesama tanpa adanya sekat.

"Jangan mau dipecah belah, ingat Bhineka Tunggal Ika, meski kita berbeda tapi tetap satu," kata Romif.

Pada peringatan Hari Pahlawan ini, Romif mengingatkan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta saling menghargai.

"Bangun ingatan kolektif bangsa untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur dan perkuat NKRI," tegasnya.

Ia juga menginginkan agar masyarakat dapat melawan paham radikal, serta menumbuhkan semangat gotong royong untuk masa depan yang cerah.

Menurutnya, pahlawan merupakan teladan bagi masyarakat Indonesia dengan mengarungi masa-masa penuh tantangan.

"Pahlawan merupakan teladan bagi kita untuk menata masa depan dan menjadi pemennag, selamat Hari Pahlawan tahun 2022," pungkas Romif.

Usai upacara Hari Pahlawan, unsur Forkopimda dan Perangkat Daerah Paser bergerak menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Daya Taka untuk melakukan prosesi penaburan bunga, yang berada di jalan Kesuma Bangsa, Kilometer 2, Kecamatan Tanah Grogot.

 

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment